Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Artikel Terpopuler

Sssshhhht! Senam Aerobik Jadi Rahasia Warga Desa Cibogogilir Sehat, Kuat, dan Bugar

Cibogohilir - Senam Aerobik merupakan serangkaian gerakan yang diiringi dengan irama musik dalam durasi waktu tertentu. Senam Aerobik adalah salah satu olahraga yang diminati oleh warga desa Cibogohilir. Disamping kegiatannya yang menyenangkan karena diiringi oleh musik yang membakar semangat, senam aerobik juga sangat bagus untuk menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan, melatih kesehatan paru - paru hingga membantu dalam menjernihkan pikiran. Tak heran jika warga desa Cibogohilir terlihat sehat dan bugar, karena warga rutin melakukan senam aerobik dua kali dalam seminggu yakni pada hari Selasa pada pukul 15.00 - 17.00 dan Sabtu pada pukul 14.00 - 16.00 di aula kantor desa Cibogohilir.  Senam ini diikuti oleh kalangan ibu - ibu yang sudah jenuh dalam mengurus rumah tangga. Melalui senam aerobik ini ibu - ibu tersebut bisa melampiaskan rasa lelah mereka dengan menggerakan anggota tubuh mengikuti alunan musik yang diputar. Selain mendapat kepuasan batin, mereka juga bisa mendapatkan jasmani yang sehat karena berolahraga.

CUKUP TAHU ! RAHASIA SEHAT WARGA CIBOGOHILIR

Tahu menjadi makanan pokok warga desa cibogohilir. Manfaat tahu yang sangat banyak mendukung pembuatan pabrik produksi tahu mandiri rumahan di desa cibogohilir. Pak Darus sebagai pemilik produksi ini telah mendirikan rumah produksi sejak lama dibantu dan dikelola oleh warga lokal. Tahu adalah makanan tradisional berbahan kedelai. Tahu terbuat dari tepung kedelai yang disaring. Makanan ini kaya akan protein, kalsium dan zat besi. Mengonsumsi tahu baik untuk mengontrol gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. Tahu mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.  Cara pembuatan tahu ini sangat mudah, tentu membutuhkan ketelatenan yang tinggi. Langkahnya antara lain : Perendaman. Kedelai direndam dalam air bersih selama kurang lebih 8 jam. Selama proses ini, kedelai akan mengembang saat direndam. Proses perendaman berlangsung 8 hingga 12 jam. Setelah direndam, kedelai dicuci dan ditiriskan, hal ini dilakukan berulang kali hingga kedelai bersih. Penggilingan. Setelah kedelai bersih, Kemudian masukkan kedelai ke dalam mesin. kedelai digiling dan ditambahkan air hangat sedikit demi sedikit. Proses penggilingan ini mengubah kedelai menjadi bubur halus berwarna putih. Penyaringan. Sediakan wadah untuk bubur kedelai. Lalu biarkan bubur mendidih selama 10-15 menit. Proses memasak bubur kedelai selesai setelah muncul gelembung-gelembung kecil. Bertujuan mempermudah proses penyaringan dan penciuman kedelai Penyaringan. Setelah ampas kedelai disaring, airnya dituang menggunakan batu tahu. Ampas disaring dua kali untuk mendapatkan lebih banyak residu kedelai. Kemudian air kedelai tersebut digumpalkan dengan larutan jenuh (es tahu). Proses pengendapan berlangsung 1 malam hingga adonan terbentuk. Penggumpalan. Potongan tahu kemudian dimasukkan ke dalam wadah yang dilapisi kain. Kemudian ditutup dengan kain yang sama, sedangkan bagian atasnya ditutup dengan papan hingga sisa air tahu habis. pencetakan. Setelah  tahu ditiriskan, potongan tahu dituang ke dalam cetakan kotak  kayu. Potongan tahu ini ditutup dengan lapisan kain tipis. Setelah matang, tahu dibentuk dan dipotong-potong. Demikianlah beberapa langkah proses pembuatan tahu, dengan banyaknya kandungan gizi dan manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi tahu. Diharapkan pemerintah desa cibogohilir dapat melihat potensi tersebut untuk mengembangkan potensi desa terkhususnya dalam bidang ketahanan pangan dan juga mengembangankan potensi UMKM di masyarakat yang dapat meningkatakan daya jual masyarakat desa cibogohilir melalui produksi tahu.

Meleedakk! Kantor Kecamatan Plered Diserbu 96 Praja IPDN Peserta BKP Tahun 2023!

Plered - Camat Kecamatan Plered menggelar apel pagi bersama Praja IPDN  Peserta BKP Tahun 2023 di halaman Kantor Kecamatan Plered pada Senin, 11 September 2023. Apel pagi ini dilaksanakan sebagai upaya menjalin silahturahmi antara staf dan pegawai Kecamatan Plered dengan Praja IPDN serta meningkatkan solidaritas, disiplin dan semangat kerja.  Dalam apel pagi ini, Bapak Sekretaris Camat Kecamatan Plered mengamanatkan kepada Praja untuk menjalankan amanah yang telah ditugaskan yakni pengoptimalan penggunaan WEBDESAKU dengan penuh tanggung jawab dan diharapkan akan memberikan perubahan dan pengaruh yang baik di masyarakat Kecamatan Plered. Selain itu beliau juga memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh peserta apel agar dapat terus berkomitmen dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat Dalam kegiatan apel pagi tersebut, seluruh staf dan pegawai serta Praja IPDN terlihat antusias dan semangat untuk menjalani aktivitas kerja pada hari itu. Diharapkan kegiatan apel pagi seperti jni dapat memberikan dampak yang baik bagi kualitas kerja dan semangat staf dan pegawai serta Praja IPDN di Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta.

KRESSS KRIUK RENYAH, KERUPUK RO JAJANAN SI BUNGSU YANG MENJADI FAVORIT MASYARAKAT !

Kerupuk RO adalah kerupuk produksi mandiri yang berasal dari usaha mikro kecil menengah (UMKM) di desa cibogohilir. Usaha ini sudah berjalan sejak lama. Nama RO sendiri singkatan dari Raden Omay yang merupakan pembuat pertama kerupuk tersebut dan hingga kini nama RO masih melekat menjadi julukan dari kerupuk buatan masyarakat ini. Menilik proses produksi kerupuk RO ini terdapat beberapa langkah pembuatan : Pengulenan bahan-bahan, bahan yang dibutuhkan yaitu tepung tapioca, bawang putih, tajin, garam, penyedap rasa dan pewarna makanan seperti warna hijau dan merah. Bahan-bahan ini dicampurkan dan diuleni hingga mendapatkan rasa dan tekstur yang pas untuk bisa dicetak Pencetakan kerupuk. Adonan yang sudah kalis dan padat sudah bisa diambil dan dibentuk bulat kecil, adonan ini diletakan di cetakan bentuk gepeng. Pencetakan ini dilakukan diatas kompor yang menggunakan tabung gas. Pencetakan ini dilakukan secara cepat dan bergantian hingga menghasilkan adonan kerupuk yang berbentuk pipih Penjemuran kerupuk. Adonan yang sudah pipih tadi, diletakan diatas anyaman bambu untuk dijemur dibawah sinar matahari selama kurang lebih 4 jam Penggorengan kerupuk. Kerupuk yang sudah dijemur bakal siap digoreng menggunakan pasir panas ataupun minyak goreng hingga renyah dan gurih Pendinginan dan pengemasan. Kerupuk yang sudah selesai digoreng didinginkan diatas loyang besar sebelum masuk ke plastic pengemasan untuk siap dijual Kerupuk RO ini telah menjadi kerupuk kegemaran masyarakat sehari-hari, rasanya makan tanpa kerupuk ini seperti ada yang kurang. Produk lokal ini sudah meluas dikenal oleh masyarakat bahkan banyak konsumen yang datang sendiri untuk memesan kerupuk ini menjadi oleh-oleh dari desa cibogohilir kecamatan plered. Dengan produksi mandiri kerupuk ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi warga desa hingga ekonomi terus bertumbuh memajukan desa dan mensejahterahkan warga desa.

Peduli Warga Kurang Mampu, Pemerintah Desa Cibogohilir Salurkan Bantuan Langsung Tunai

Cibogohilir - Jumat, 8 September 2023 Pemerintah Desa Cibogohilir beserta Praja IPDN Peserta Bhakti Karya Praja melakukan kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) bagi masyarakat kurang mampu di desa Cibogohilir bertempat di Aula Kantor Desa Cibogohilir Kecamatan Plered. Aula Kantor Desa Cibogohilir itu sudah mulai ramai dipadati para warga yang akan menerima BLT tersebut sejak pukul 08.00 WIB. Kepala Desa dan perangkat desa lainnya beserta Praja IPDN antusias untuk menyalurkan BLT Dana Desa begitu pula dengan para warga yang antusias untuk menerima BLT Dana Desa tersebut. BLT Dana Desa merupakan bantuan langsung berupa uang secara tunai yang berasal program dana desa sebesar 25% (tahun - tahun sebelumnya mencapai 40%). BLT Dana Desa Tahap II Tahun 2023 ini telah disalurkan oleh Pemerintah Desa Cibogohilir kepada 50 KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Setiap KPM masing-masing menerima bantuan sebesar Rp.900.000,-. Proses penyaluran BLT Dana Desa Tahap II Tahun 2023 ini berlangsung dengan tertib sehingga pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar. Diharapkan kepada warga penerima BLT Dana Desa agar mampu memaksimalkan penggunaan bantuan ini untuk kepentingan dan kebutuhan pokok terlebih dahulu daripada kepentingan yang lain.