Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Artikel Terpopuler

GEMPAR ! Desa Cibogohilir tidak memiliki TPA. Apakah pemerintah kabupaten bisa mengatasinya?

Cibogohilir - 7 September 2023, Sejumlah Praja IPDN mengunjungi Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) yang berlokasi di tanah yang bersebelahan dengan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di daerah Kampung Sukasari desa Cibogohilir Kecamatan Plered. Diketahui saat musim hujan kemarin sempat terjadi penumpukan sampah  disepanjang sungai, sampah ini tidak hanya berasal dari tumpukan sampah hasil dari pembuangan sampah warga sekitar tetapi berasal dari hulu sehingga bersifat kiriman sampah yang mengalir ke hilir. Kiriman sampah ini terjadi karena debit air yang tinggi di musim pengujan kemarin. Air yang mengalir ini sekaligus mengalirkan sampah sehingga terjadi penumpukan sampah yang merugikan bagi lingkungan Di lain waktu memasuki musim kemarau saat ini, sampah terus mengalir mengikuti arus sungai mengakibatkan tersumbatnya saluran irigasi air yang menuju sungai. Persawahan yang mengering akibat dari musim kemarau dan air yang sudah tidak lagi besar semakin memperparah kekeringan persawahan. Tidak adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Cibogohilir menjadi tantangan tersendiri bagi wilayah ini. Ditambah lagi tidak adanya kejelasan dari pemerintah untuk pengaturan pembuangan sampah menggunakan mobil sampah apalagi meneruskan terkait pengelolaan sampah seperti sarana prasarana tempat sampah dan program bank sampah, program pemerintah ini seperti hangat diawal dan menguap ditengah sehingga tidak menemukan titik akhir solusi persampahan. Keadaan ini menjadikan pemerintah desa tidak bisa berbuat banyak dan warga desa menjadi kebingungan untuk pengelolaan sampah rumah tangga. Sehingga banyak titik-titik Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) yang dibuat oleh warga. Adapun masalah lainnya, masih banyak warga yang membuang sampah ke sungai. Untuk itu seharusnya pemerintah harus peka terhadap keadaan yang terjadi di desa cibogohilir berupa penumpukan sampah dan keadaan yang terbelenggu akibat sarana prasarana sangat terbatas yang diberikan pemerintah kabupaten kepada desa. Dengan memberikan sarana prasaran berupa tempat sampah yang sesuai dengan kebutuhan, kejelasan pengaturan pembuangan sampah, sarana mobilisasi sampah yang teratur serta lokasi pembuangan akhir sampah yang jauh dari pemukiman dan aturan pengelolaan sampah yang baik tentu akan menjadikan Desa Cibogohilir terhindar dari permasalahan penumpukan sampah berkepanjangan. Dengan berbagai hal yang terjadi terkait penumpukan sampah dan berbagai keluhan warga desa tentu siapapun akan berharap pemerintah kabupaten hadir untuk melihat permasalahan desa sehingga apa yang merasa terbelenggu akan menjadi terbebas menjadi sebuah keadaan yang saling menguntungkan untuk warga desa dan pemerintah.  

Pengenalan Desa Kepada Praja IPDN Yang Akan Melaksanakan Bhakti Karya Praja di Desa Cibogohilir Kecamatan Purwakarta

Cibogihilir - Desa Cibogohilir merupakan salah satu dari 138 desa yang dijadikan tempat kegiatan Bhakti Karya Praja atau biasa disingkat BKP yang dilaksanakan oleh Praja IPDN tahun 2023. Kegiatan BKP merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berlangsung selama kurang lebih 14 hari terhitung dari tanggal 5 s.d 18 September 2023. Bhakti Karya Praja itu sendiri merupakan kegiatan wajib yang dilakukan praja tingkat IV sebelum melaksanakan penelitian skripsi. Tema Bhakti Karya Praja tahun ini yakni berfokus untuk Mewujudkan Database Desa Melalui WEBDESAKU untuk Percepatan Pembangunan Desa di Kabupaten Purwakarta. Adapun pelaksanaan BKP ini bertujuan untuk membantu pemerintahan daerah dan mendorong praja meningkatkan kemampuan dan keterampilan praja dalam mencermati dan memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah desa / kelurahan dan masyarakat. Selain itu, program WEBDESAKU juga sebagai bentuk upaya digitalisasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Purwakarta.

AKSI CLEANUP DAN PILAH SAMPAH DARI RUMAH

Cibogohilir, 18 september 2021, (Pemdes cibogohilir)-salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat adalah kerja bakti.Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama,dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah kerja bakti bertujuan untuk membagun infrastruktur atau membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong. Di DESA CIBOGOHILIR khususnya kerja bakti  sering dilaksanakan seminggu sekali setiap hari jumat,seperti membersihkan lingkungan sekitar,membersihkan saluran irigasi dan kegiatan-kegiatan lainnya. Kepala DESA CIBOGOHILIR,tujuan dari diadakannya bersih-bersih ini adalah membersihkan lingkungan DESA CIBOGOHILIR agar selalu asri dan nyaman bagi kita semua. DI hari AKSI CLEANUP DAN PILAH SAMPAH DARI RUMAH masyarakat duharuskan memilah sampah organik dan plastik bertujuan untuk kemandirian dan pengolahan sampah tersebut.  

PROJEK PENGHUBUNGAN JARINGAN KE DUA KOMPUTER

Senin 20 September 2021,Siswa-siswi SMKN 01 PLERED dan SMKN TEGALWARU menghubungkan jaringan wifi antara dua komputer di DESA CIBOGOHILIR. Cara yang paling praktis untuk menghubungkan dua komputer atau lebih adalah menggunakan kabel UTP atau biasa di sebut dengan kabel LAN.Kabel yang berguna untuk menghubungkan beberapa komputer/perangkat dalam area yang terbatas contohnya seperti rumah,laboratorium,dan perkantoran.Seperti kami yang melakukan pemasangan JARINGAN DI KANTOR DESA CIBOGOHILIR. Sekarang kantor DESA CIBOGOHILIR mempunyai akses jaringan yang terhubung ke komputer dengan begitu layanan bisa teratasi dengan baik.   Penulis: - Pitri Oktopia               - Lusi Lusmayanti               - Neni Haryani               - Muhammad Fajar               - Muhammad Sarif Hidayatulloh

STEP PARALEL LAN UNTUK KOMPUTER PELAYANAN

Di era 4,0 pelayanan-pelayanan publik seperti pelayanan dukcapil,perpajakan dan lain-lain sudah mulai online sehingga pasilitas-pasilitas pelayanan yang ada di desa sendiri pun harus mempunyai jaringan internet. Sehingga kami siswa siswi SMKN 01 PLERED melakukan projek agar pasilitas pelayanan di DESA CIBOGO HILIR mempunyai jaringan internet agar pelayanan masyarakat yang berbasis online dapat terlayani dengan baik. Semoga kedepannya ada pasilitas umum jaringan internet di DESA CIBOGO HILIR yang dapat dinikmati oleh masyarakat menghadapi era 4,1   penulis: *LUSI LUSMAYANTI *PITRI OKTOPIA *NENI HARIYANTI  *DESTI DWI S