Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

CUKUP TAHU ! RAHASIA SEHAT WARGA CIBOGOHILIR

CUKUP TAHU ! RAHASIA SEHAT WARGA CIBOGOHILIR

Tahu menjadi makanan pokok warga desa cibogohilir. Manfaat tahu yang sangat banyak mendukung pembuatan pabrik produksi tahu mandiri rumahan di desa cibogohilir. Pak Darus sebagai pemilik produksi ini telah mendirikan rumah produksi sejak lama dibantu dan dikelola oleh warga lokal. Tahu adalah makanan tradisional berbahan kedelai. Tahu terbuat dari tepung kedelai yang disaring. Makanan ini kaya akan protein, kalsium dan zat besi. Mengonsumsi tahu baik untuk mengontrol gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. Tahu mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. 

Cara pembuatan tahu ini sangat mudah, tentu membutuhkan ketelatenan yang tinggi. Langkahnya antara lain :

  1. PerendamanKedelai direndam dalam air bersih selama kurang lebih 8 jam. Selama proses ini, kedelai akan mengembang saat direndam. Proses perendaman berlangsung 8 hingga 12 jam. Setelah direndam, kedelai dicuci dan ditiriskan, hal ini dilakukan berulang kali hingga kedelai bersih.
  2. Penggilingan. Setelah kedelai bersih, Kemudian masukkan kedelai ke dalam mesin. kedelai digiling dan ditambahkan air hangat sedikit demi sedikit. Proses penggilingan ini mengubah kedelai menjadi bubur halus berwarna putih.
  3. PenyaringanSediakan wadah untuk bubur kedelai. Lalu biarkan bubur mendidih selama 10-15 menit. Proses memasak bubur kedelai selesai setelah muncul gelembung-gelembung kecil. Bertujuan mempermudah proses penyaringan dan penciuman kedelai
  4. Penyaringan. Setelah ampas kedelai disaring, airnya dituang menggunakan batu tahu. Ampas disaring dua kali untuk mendapatkan lebih banyak residu kedelai. Kemudian air kedelai tersebut digumpalkan dengan larutan jenuh (es tahu). Proses pengendapan berlangsung 1 malam hingga adonan terbentuk.
  5. Penggumpalan. Potongan tahu kemudian dimasukkan ke dalam wadah yang dilapisi kain. Kemudian ditutup dengan kain yang sama, sedangkan bagian atasnya ditutup dengan papan hingga sisa air tahu habis.
  6. pencetakan. Setelah  tahu ditiriskan, potongan tahu dituang ke dalam cetakan kotak  kayu. Potongan tahu ini ditutup dengan lapisan kain tipis. Setelah matang, tahu dibentuk dan dipotong-potong.

Demikianlah beberapa langkah proses pembuatan tahu, dengan banyaknya kandungan gizi dan manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi tahu. Diharapkan pemerintah desa cibogohilir dapat melihat potensi tersebut untuk mengembangkan potensi desa terkhususnya dalam bidang ketahanan pangan dan juga mengembangankan potensi UMKM di masyarakat yang dapat meningkatakan daya jual masyarakat desa cibogohilir melalui produksi tahu.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler